Selasa, 21 Oktober 2014

4 Board Game Indonesia Dikenalkan di Essen, Jerman

Selama empat hari dimulai dari tanggal 16 hingga 19 Oktober 2014, Manikmaya Games, dengan dukungan penuh dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia akan berpatisipasi dalamSPIEL’14 di kota Essen, Jerman. Ini menjadi sebuah milestone besar perkembangan industi game (juga board game dan card game) Indonesia karena untuk pertama kalinya wakil Indonesia hadir dan diperkenalkan di ajang pameran yang paling bergengsi untuk industri board game dan card game internasional.
Pada SPIEL’14 nanti Manikmaya Games telah menyiapkan setidaknya 4 game yang didesain secara khusus:Mat GocengMahardikaThe Festivals of Indonesia, dan Mashup Monsters. Selain didesain sebagai gameyang berkualitas, keempat game tersebut juga didesain untuk mempromosikan berbagai hal terkait Indonesia di tingkat internasional. Ini merupakan sebuah upaya Manikmaya Games untuk memperlihatkan potensigame yang sesungguhnya sebagai sebuah media yang efektif.

Mat Goceng

Mat Goceng Brochure
Dirilis pada November 2013, Mat Goceng adalah permainan kartu tentang pertarungan antara seorang “vrijeman” bernama Mat Goceng dan teman-temannya. Mat Goceng memiliki gameplay yang unik serta tema dan konten yang menarik, di mana latarnya adalah zaman Batavia di tahun 1922.
Mat Goceng saat ini telah terjual ke berbagai negara, di antaranya Malaysia, Jepang, Korea, Australia, dan Amerika Serikat. Khusus untuk pasar Malaysia dan Jepang, Manikmaya Games bahkan telah memiliki official distributor untuk pemasaran Mat Goceng.
Mat Goceng juga telah mendapat beberapa ulasan dari game reviewer internasional, seperti Across the Board Games, Scott Nicholson, dan Tom Vasel melalui The Dice Tower.

Mahardika

Mahardika Brochure
Mahardika adalah sebuah board game bertemakan sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia. Tiap pemain berperan sebagai salah satu dari tujuh tokoh nasional: Sukarno, Hatta, Sudirman, Tan Malaka, Ki Hajar Dewantara, SutanSyahrir, dan Danudirja Setiabudi, untuk kemudian saling bekerja sama berjuang meraih kemerdekaan.
Mahardika juga merupakan sebuah bukti bahwa sebuah game dengan desain yang tepat akan mampu berperan sebagai sebuah media pembelajaran yang efektif. Berbagai konten sejarah perjuangan kemerdekaan dikemas menjadi sebuah media interaktif yang menarik sekaligus menantang.
Dalam setiap gilirannya, seorang pemain akan mendapat sejumlah poin aksi. Poin aksi tersebut bisa digunakan untuk bergerak, melawan militer musuh, atau menjalankan misi guna mendekatkan Indonesia menuju proklamasi. SPIEL’14 sekaligus juga akan menjadi momen pre-launching untuk Mahardika.

The Festivals of Indonesia

The Festivals of Indonesia Brochure
The Festivals of Indonesia adalah sebuah game yang didesain secara khusus untuk mengenalkan potensi pariwisata Indonesia. Dalam permainan ini, setiap pemain dituntut untuk menggunakan tiket yang dimiliki seoptimal mungkin untuk bisa mengunjungi berbagai tempat dan festival budaya yang ada di Indonesia.
Setiap kartu dan komponen yang ada didesain secara menarik untuk bisa memberikan informasi tentang potensi budaya dan pariwisata Indonesia sehingga secara tidak langsung setiap pemain akan termotivasi untuk lebih mengenal ragam budaya dan potensi wisata yang Indonesia miliki.

Mashup Monsters

Mashup Monsters Brochure
Mashup Monsters adalah sebuah permainan yang didesain untuk dimainkan oleh seluruh keluarga. Dengan mekanisme permainan yang sederhana namun sangat menarik, Mashup Monsters bahkan bisa dimainkan oleh anak-anak hingga usia 6 tahun.
Selain berfungsi sebagai sebuah media permainan yang menghibur, Mashup Monster juga didesain untuk melatih kemampuan kognitif serta fokus dari para pemainnya. Seperti judul permainannya, Mashup Monsters dimainkan dengan menggabungkan dua monster agar menjadi satu monster yang baru.
Satu pemain akan melempar dua buah dadu: dadu angka dan dadu simbol. Tugas semua pemain adalah menggabungkan monster yang mereka miliki agar satu monster baru memiliki kriteria sejumlah simbol yang sesuai pada lemparan dadu sebelumnya. Jika gagal menggabungkannya, pemain harus mengambil satu monster baru. Pemain pertama yang bisa menggabungkan semua monster yang dimilikinya memenangkan permainan.

0 comments:

Posting Komentar