Sabtu, 18 September 2010

Sandy Bridge, Prosesor Masa Depan Intel




Seperti pada ajang IDF sebelumnya, pada Intel Developer Forum, San Francisco 13-15 September 2010 Intel memaparkan teknologi terkini yang dimilikinya. Salah satu yang menjadi sorotan kali ini adalah prosesor terbarunya yang diberi kode nama Sandy Bridge.

Dibanding teknologi sebelumnya, fitur yang ditingkatkan adalah pada kinerja, efisiensi energi, dan beberapa fitur terkait teknologi visual yang dibenamkan langsung pada chip mikroprosesor.

Seperti diketahui, Intel pertama kali mengintregasikan grafis ke dalam prosesor PC pada 2009. Adapun prosesor dan grafis generasi kedua ini akan mulai diproduksi pada kuartal IV-2010.

“Teknologi baru ini memberikan integrasi yang lebih baik antara CPU dan komponen grafis, memberikan performa dan manajemen daya yang lebih baik,” kata Dadi Perlmutter, Executive Vice President and General Manager of the Intel Architecture Group, pada keterangannya, Jumat 17 September 2010.

Perlmutter menyebutkan, integrasi teknologi ini sangat penting dalam konteks perangkat dengan mobilitas tinggi. “Hukum Moore memungkinkan Intel mendedikasikan lebih banyak ruang bagi prosesor grafis,” kata dia. “Implementasi ini akan meningkatkan performa sekaligus menekan biaya pada setiap prosesor generasi baru.”

Jajaran prosesor Sandy Bridge akan dilengkapi dengan arsitektur ‘cincin’ yang memungkinkan chip grafis terintegrasi untuk berbagi sumber daya seperti cache dengan core prosesor untuk meningkatkan kemampuan komputasi dan grafis sambil tetap menjaga efisiensi energi.

Pada Sandy Bridge, Intel juga menyediakan teknologi Turbo Boost yang lebih baik. Fitur ini akan secara otomatis memindahkan atau merelokasikan sumber daya prosesor ataupun grafis untuk meningkatkan performa secara langsung tiap kali dibutuhkan.

Dari sisi grafis, teknologi yang disediakan fokus ke area yang paling umum digunakan oleh pemakai komputer saat ini. Penggunaan tersebut antara lain HD video, stereo 3D, gaming mainstream, multi-tasiking, multimedia, serta jejaring sosial. Grafis pada Sandy Bridge juga sudah mendukung DirectX 11.

Prosesor Sandy Bridge versi desktop ataupun mobile diperkirakan tersedia di pasar pada awal 2011.

2 comments:

Posting Komentar