Sabtu, 13 Maret 2010

LCD-LED Hadapi Kelangkaan






LONJAKAN permintaan panel LCD (liquid crystal display) yang menggunakan sistem backlight LED (lightemitting diode), diperkirakan memicu kelangkaan LED pada 2010.
Firma riset iSuppli Corp mengungkapkan, kelangkaan ini tidak bisa dihindari karena para produsen LED pada saat ini sudah beroperasi dengan kapasitas 100%. “Permintaan LED pada saat ini sudah jauh melampaui suplai. Lonjakan permintaan LED pun akan berlanjut hingga paling tidak tiga tahun mendatang,” tutur Senior Director iSuppli Corp Jagdish Rebello.
Panel displai LCD-LED banyak digunakan pada televisi, monitor komputer, dan notebook. Dari ketiganya, produk yang paling boros memangsa LED adalah televisi karena televisi memiliki ukuran layar paling besar. iSuppli menjelaskan, layar notebookumumnya menggunakan sekitar 50 unit LED. Sementara itu, monitor komputer rata-rata menggunakan 100 unit LED.
Kontras dengan keduanya, layar televisi menggunakan antara 300–500 unit LED. Karena permintaan televisi LCD-LED terus meningkat, para produsen LED pun kewalahan memenuhi permintaan. Firma riset DisplaySearch Ltd mencermati, sistem backlight LED baru digunakan pada 20% televisi LCD yang dipasarkan di dunia pada 2010, sementara sisanya menggunakan sistem backlight CCFL ((cold cathode fluorescent lamp).
Namun pada 2015, DisplaySearch menegaskan, LED akan digunakan pada 72% televisi LCD, sedangkan 28% televisi LCD yang lain menggunakan CCFL. DisplaySearch menjelaskan, volume penjualan televisi LCD-LED pada 2010 akan mencapai 36,5 juta unit, dan akan bertumbuh menjadi 184,9 juta unit pada 2015.
DisplaySearch mengungkapkan, LCD-LED semakin diminati daripada LCD-CCFL karena LCD-LED berkinerja lebih tinggi dan lebih hemat energi. “Tidak diragukan, sistem backlight LED akan menjadi sumber cahaya utama pada seluruh aplikasi panel LCD berukuran besar di dunia pada 2011,” ujar Director LED Backlight Unit Research DisplaySearch Ltd Kevin Kwak.
Karena televisi LCD-LED menjanjikan potensi pertumbuhan sangat tinggi, DisplaySearch menambahkan, para produsen televisi pun kini berfokus dan berinvestasi besar-besaran untuk membangun produk LCD-LED yang lebih besar, tipis, berkinerja lebih tinggi, serta lebih hemat energi.(ahmad fauzi).


sumber:SI
 


0 comments:

Posting Komentar