Kamis, 15 September 2011

Software Pembantu Temukan Pasangan

Di masa kejayaan koran, rubrik cari-jodoh menjadi salah satu cara para makhluk single dalam mencari pasangan. Tapi di era internet, cari jodoh pun bisa dilakukan dengan bantuan aplikasi di smartphone.

Seperti dikutip dari laman Daily Mail, sebuah aplikasi kencan bernama "Blendr" pun diluncurkan. Dengan aplikasi ini,
pemilik akun pria bisa melihat foto profil akun perempuan yang ada di dekatnya, yang juga menggunakan aplikasi Blendr.



Di aplikasi Blendr ini terdapat banyak akun, yang disertai foto, profil, dan biodata yang mencantumkan minat tiap pengguna akun ini. Selain itu, terdapat pula lampu hijau menyala yang menunjukkan pengguna aplikasi ini sedang online. Bahkan jika Anda menggunakan aplikasi ini, Anda bisa mengetahui berapa meter jarak Anda dengan pengguna lain yang sedang online. 

"Tak ada cara yang lebih mudah selain menemui orang baru yang memiliki niat yang sama dengan Anda, selain dengan menggunakan Blendr," kata Joel Simkhai, pendiri dan CEO Blendr.

Walau memiliki kesan aplikasi kencan, namun Simkhai menyarankan pengguna Blendr untuk menggunakan aplikasi ini sebagai media koneksi sosial, yang menghubungkan orang-orang yang memiliki minat yang sama, ketimbang hanya mencari lawan jenis.

Saat diuji coba oleh Daily Mail, pengguna Blendr diketahui sebagian besar merupakan laki-laki. Hanya dua dari 40 pengguna terdekat yang berjenis kelamin perempuan.

Dari lokasi di pusat kota London, diketahui dalam jarak satu kilometer pengguna aplikasi ini memiliki  minat beragam. Dari musik, kehidupan malam, sepak bola, snowboarding, hingga medis.

Sebagian besar pengguna pun dinilai masih malu-malu. Selama satu jam online, tak ada yang terlihat saling berhubungan satu sama lain.

Aplikasi ini juga memiliki petunjuk lokasi, sama seperti FourSquare. Pengguna aplikasi ini juga bisa meng-update aktivitas mereka di Blendr ke Facebook, Twitter, dan Foursquare. Lalu apa beda fungsi aplikasi ini dengan jejaring sosial?

"Tak seperti jejaring sosial yang menghubungkan penggunanya dengan orang dan tempat yang mereka kunjungi, Blendr memfasilitasi untuk menemukan orang baru," ucap Simkhai.


  • vivanews

1 comments:

Posting Komentar